April 29, 2024

DINAS PERHUBUNGAN KAB. DEMAK

Jl. Sultan Trenggono Nomor 16 Katonsari Demak

DINHUB MENGIKUTI APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA

Pemerintah Kabupaten Demak menggelar Apel Siaga dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2022, Rabu (26/10) di halaman setda Kabupaten Demak setempat. Apel dipimpin  langsung oleh Bupati Demak, dr. Estianah  dan diikuti unsur relawan SAR seperti PMI, BPBD, Dinhub, Satpol PP, Polres, Pemadam Kebakaran, Banser, Tagana dan lainnya.

Bupati Demak, dr. Estianah  dalam sambutannya mengatakan, sejak diterbitkannya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, disebutkan bahwa wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki kondisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis yang memungkinkan terjadinya bencana, baik yang disebabkan oleh faktor alam, faktor non alam maupun faktor manusia yang menyebabkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis yang dalam keadaan tertentu dapat menghambat pembangunan nasional.

“Kendala itu antara lain kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap karakterisitik bencana dan resikonya; kurangnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman yang ada di sekitarnya; dan belum adanya pelatihan secara terpadu dan periodik karena kewaspadaan dan kesiapsiagaan belum menjadi budaya,” kata beliau