October 1, 2020

DINAS PERHUBUNGAN KAB. DEMAK

Jl. Sultan Trenggono Nomor 16 Katonsari Demak

Tradisi penjamasan minyak jamas pusaka Ontokusumo, Kyai Crubuk Sunan Kalijaga di laksanan tiap tahun 1 muharam , penjamasan pusaka di laksanakan pada hari Jum’at  pukul 7,45 wib berjalan dengan lancar.

Meskipun wabah covid 19 melanda lndonesia yang sangat lama dan semangat untuk prosesi penjamasan tetap semangat dan mematuhi protokol kesehatan anjuran pemerintah, meskipun acara penjamasan pusaka tidak seramai tahun tahun kemarin juga acara tidak memakai iring iringan prajurit 40 an yang dari Masjid Agung Demak di karenakan adanya pandemi covid 19.

Ahli waris sekaligus ketua panitia penjamasan pusaka Edy Mursalim meyampaikan “Acara penjamasan mudah mudahan lancar tidak ada kendala meskipun baru di landa covid 19, dan acara tradisi tetap di laksanakan karena peninggalan Eyang Kanjeng Sunan Kalijaga” terang Edy pada wartawan, jumat 31/7/2020

Edy juga di beri mandat kepada pemerintah Kabupaten Demak agar mematuhi protokol kesehatan.

Acara ini di selenggarakan dengan penjagaan dari aparat polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan juga Linmas. Antusias warga pada upacara ini sangat meriah sekali meskipun baru di landa covid 19.

Acara penjamasan pusaka Sunan Kalijaga berjalan hanya setengah jam, waktu di dalam makam tersebut, juru kunci makam Kadilangu R, Prayitno “Saya sangat berterimakasih kepada pemerintah daerah serta aparat terkait yg sudah membantu berjalanya tradisi penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga” ucap Prayitno