October 1, 2020

DINAS PERHUBUNGAN KAB. DEMAK

Jl. Sultan Trenggono Nomor 16 Katonsari Demak

DINHUB MENGGELAR OPERASI LAIK JALAN DI PARKIR WISATA KADILANGU

    Dinas Perhubungan Kabupaten Demak gencar menggelar operasi angkutan umum,. Hal itu seiring terjadinya rentetan kecelakaan lalu lintas yang berawal dari angkutan umum bus.

.
Sekretaris Dinas Suharto mengatakan, operasi dilakukan untuk memeriksa kelaikan angkutan. Sejauh ini banyak temuan bus yang beroperasi tanpa melengkapi syarat administrasi berupa KIR.
.
Operasi kali ini menitik beratkan di wilayah Pakir Wisata Religi Kadilangu, Demak .
Ia menyebutkan nantinya Dishub Demak untuk mengecek kelaikan kendaraan. Mulai dari kelengkapan administrasi legalitas dan uji KIR serta legalitas sopir.
.
“Intinya mereka harus selain melakukan uji setiap enam bulan sekali. Dia untuk setiap harinya harus melakukan pengawasan dan pengujian baik. Sehingga masyarakat, para pengguna jasa transportasi akan lebih aman dan nyaman serta selamat sampai tujuan,” ujarnya
.
Kami pun mengimbau PO bus untuk terus melengkapi administrasi yang akan dioperasionalkan mengangkut penumpang. Sebab jika saat razia kelaikan tidak dipenuhi, ancaman pencabutan izin atau pembekuan usaha bisa dikeluarkan. Langkah tegas itu harus diambil mengingat kecelakaan dari angkutan umum selalu mengorbankan banyak nyawa.
.
Operasi ini akan dilakukan untuk kenyamanan dan keselamatan pengguna angkutan umum dan Bus Wisata. Diharapkan dengan demikian dapat menekan jumlah kendaraan yang tidak laik.
.
Kabid Lalu Lintas Akholiq, mengatakan operasi kelaikan angkutan ini sangat diperlukan. Sebab banyak kendaraan yang nekat beroperasi padahal tidak dalam kondisi optimal. Untuk awal razia akan menyasar dari Perbatasan Barat Demak – Semarang sampai perbatasan Timur Demak Kudus.